Pada postingan sebelumnya tentang telematika telah dijelaskan bahwa
Interface (antarmuka) adalah mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan
sistem. Pada kesempatan ini ingin saya jelaskan beberapa teknologi yang telah
ada digunakan dalam interface (antarmuka). Tentunya antar muka sebagai salah
satu kajian tentang telematika juga telah berkembang pesat sampai sekarang ini.
Untuk lebih jelas lagi mari kita baca beberapa teknologi yang terkait dengan
interface (antarmuka) dalam bidang telematika.
A. Head-Up Displays System
System Head Up Display (HUD) merupakan sebuah tampilan transparan yang
menampilkan data tanpa mengharuskan penggunanya untuk melihat ke arah yang lain
dari sudut pandang biasanya. Asal nama dari alat ini yaitu pengguna dapat
melihat informasi dengan kepala yang terangkat (head up) dan melihat ke arah
depan daripada melihat ke arah bawah bagian instrumen. Walaupun HUD dibuat
untuk kepentingan penerbangan militer, sekarang HUD telah digunakan pada
penerbangan sipil, kendaraang bermotor dan aplikasi lainnya. Contoh penerapan
HUD dalam kehidupan sehari-hari adalah CRT, LCD.
B. Tangible User Interface
Tangible User Interface,
yang disingkat TUI, adalah antarmuka dimana seseorang dapat berinteraksi dengan
informasi digital lewat lingkungan fisik. Nama inisial Graspable User
Interface, sudah tidak lagi digunakan. Salah satu perintis TUI ialah Hiroshi
Ishii, seorang profesor di Laboratorium Media MIT yang memimpin Tangible Media
Group. Pandangan istimewanya untuk tangible UI disebut tangible bits, yaitu
memberikan bentuk fisik kepada informasi digital sehingga membuat bit dapat
dimanipulasi dan diamati secara langsung. Contoh penerapan sistem tangible ini
dalam kehidupan sehari-hari adalah pada mouse siftables, reactables, Microsoft
Survace, Marble answering machine, serta sistem topobo.
C. Computer Vision
Computer Vision (komputer visi) merupakan ilmu pengetahuan dan
teknologi dari mesin yang melihat. Dalam aturan pengetahuan, komputer visi
berhubungan dengan teori yang digunakan untuk membangun sistem kecerdasan
buatan yang membutuhkan informasi dari citra (gambar). Data citranya dapat
dalam berbagai bentuk, misalnya urutan video, pandangan deri beberapa kamera,
data multi dimensi yang di dapat dari hasil pemindaian medis.
Contohnya adalah :
- Pengendalian Proses ( misalnya sebuah
robot industri atau kendaraan otonom). Mendeteksi peristiwa (misalnya,
untuk pengawasan visual atau orang menghitung).
- Mengorganisir informasi (misalnya, untuk
pengindeksan database foto dan gambar urutan).
- Modeling benda atau lingkungan (misalnya,
industri inspeksi, analisis gambar medis / topografis).
- Interaksi (misalnya, sebagai input ke
perangkat untuk interaksi manusia komputer).
D. Browsing Audio Data
Browsing audio data adalah kemampuan mesin untuk mencari data dengan menggunakan input audio. Suatu ketika kita mendengarkan sebuah kilasan lagu dan kemudian kita merasa terkesan dengan lagu tersebut. Meskipun kita hanya mendengarkan secara sekilas, tetapi membuat kita ingin tahu lagu siapakah itu? Browsing audio data pada suara tidak seperti browsing teks pada tulisan.
Metode browsing mencakupi langkah-langkah sebagai berikut :
- Menjalankan sebuah program aplikasi
komputer lokal untuk mendapatkan kode identifikasi yang disimpan dalam
kamera IP.
- Transmisi untuk mendaftarkan kode
identifikasi ke DDNS ( Dynamic Domain Name Server) oleh program aplikasi.
- Mendapatkan kamera IP pribadi alamat dan
alamat server pribadi sehingga pasangan IP kamera dan kontrol kamera IP
melalui kamera IP pribadi alamat dan alamat server pribadi compile ke
layanan server melalui alamat server pribadi sehingga untuk mendapatkan
video / audio data yang ditangkap oleh kamera IP, dimana server layanan
menangkap video / audio data melalui Internet.
E. Speech Recognition
Dikenal juga dengan pengenal suara otomatis (automatic speech
recognition) atau pengenal suara komputer (computer speech recognition).
Merupakan salah satu fitur antarmuka telematika yang merubah suara menjadi
tulisan. Istilah ‘voice recognition’ terkadang digunakan untuk menunjuk ke
speech recognition dimana sistem pengenal dilatih untuk menjadi pembicara
istimewa, seperti pada kasus perangkat lunak untuk komputer pribadi, oleh
karena itu disana terdapat aspek dari pengenal pembicara, dimana digunakan
untuk mengenali siapa orang yang berbicara, untuk mengenali lebih baik apa yang
orang itu bicarakan. Speech recognition merupakan istilah masukan yang berarti
dapat mengartikan pembicaraan siapa saja.
Hardware yang dibutuhkan dalam
implementasi Speech Recognition:
- Sound card : Merupakan perangkat yang
ditambahkan dalam suatu Komputer yang fungsinya sebagai perangkat input
dan output suara untuk mengubah sinyal elektrik, menjadi analog maupun
menjadi digital.
- Microphone : Perangkat input suara yang
berfungsi untuk mengubah suara yang melewati udara, air dari benda orang
menjadi sinyal elektrik.
- Komputer atau Komputer Server : Dalam
proses suara digital menterjemahkan gelombang suara menjadi suatu simbol
biasanya menjadi suatu nomor biner yang dapat diproses lagi kemudian
diidentifikasikan dan dicocokan dengan database yang berisi
berkas suara agar dapat dikenali.
Contoh Implementasi teknologi Speech Recognition :
Pada tahun 2010 Microsoft windows vista dan windows 7 , speech
recognition telah disertakan dalam system operasinya, sebagaimana fungsi dari
speech recognition menterjemahkan pengucapan kata – kata kedalam bentuk teks
digital. Salah satu implementasi speech recognition adalah pada konfrensi PBB
dimana seluruh Negara tergabung dalam keanggotaan nya , fungsi speech
recognition dalam hal ini menterjemahkan bahasa pembicara dari suatu Negara ke
dalam bahasa yang dipahami pendengar . Contoh penggunaan lain speech
recognition adalah Perawatan kesehatan.
F. Speech Synthesis
Speech synthesis merupakan hasil kecerdasan buatan dari pembicaraan
manusia. Komputer yang digunakan untuk tujuan ini disebut speech syhthesizer
dan dapat diterapkan pada perangkat lunak dan perangkat keras. Sebuah sistem
text to speech (TTS) merubah bahasa normal menjadi pembicaraan. Contohnya dalam
kehidupan sehari-hari adalah ada pada aplikasi handphone kita, apabila di dalam
handphone kita terdapat text-to-speech maka secara otomatis kita sudah sering
menggunakannya meskipun tanpa disadari.
G. Implikasi Manajerial
Antarmuka merupakan metode yang digunakan untuk komunikasi kita dengan
suatu sistem, atau suatu sistem dengan sistem lainnya. Berbagai fitur yang
terkait dengan antar muka telah membuat kita semakin menyadari betapa cerdas
manusia dalam perkembangan teknologi informasi. Pada saat ini beberapa fitur
antar muka juga telah tersedia pada beberapa sistem operasi misalnya sistem
operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yaitu Windows. Semoga
penulisan saya dapat menambah wawasan teman teman yang membaca khususnya teman
teman yang kuliah dalam bidang teknologi informasi.
Sampai bertemu di postingan selanjutnya yaaaa.. Terimakasih...
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar