Minggu, 28 Desember 2014

FITUR PADA ANTAR MUKA TELEMATIKA

Bila anda mengenal interface atau antar muka, mungkin yang ada dalam pikiran anda adalah bertatapan muka atau suatu komponen yang saling berhadapan satu sama lain. Secara logika mungkin bila anda berikiran seperti itu adalah benar, dan itulah yang menjadi cirikhas antar muka. Tetapi antar muka yang dimaksud adalah suatu metode yang digunaan dalam implementasi dari telematika yang sedang kita bahas akhir akhir ini. Mari kita kaji lebih dalam agar teman teman lebih paham, check it out.

A. APA YANG DIMAKSUD DENGAN INTERFACE


Dalam Wikipedia Bahasa Indonesia, interface atau dalam istilah Indonesianya Antar Muka dapat diartikan sebagai sebuah titik, wilayah, atau permukaan di mana dua zat atau benda berbeda bertemu; dia juga digunakan secara metafora untuk perbatasan antara benda.

Dalam hubungannya dengan perangkat lunak, interface dapat diartikan sebagai sarana atau medium atau sistem operasi yang digunakan untuk menghubungkan antara perangkat mikroprosesor agar dapat berkomunikasi dengan pengguna (user). Sedangkan pada konteks perangkat keras interface berarti komponen elektronika yang menghubungkan atau mengkomunikasikan prosesor dengan komponen atau perangkat lain dalam suatu sistem.

Interface (antarmuka) adalah salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface (CLI) dan Graphical User Interface (GUI).

CLI adalah tipe interface dimana pengguna berinteraksi dengan system operasi melalui text terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program sistem operasi tersebut dengan cara mengetikan baris-baris tertentu.

Meskipun konsepnya sama tiap-tiap system operasi memiliki nama atau istilah yang berbeda untuk CLI-nya. UNIX memberi nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan lain sebagainya. Microsoft Disk Operating System (Ms. DOS) memberi nama command.com atau Command Prompt. Sedangkan pada Windows Vista, Microsoft menamakannya dengan PowerShell. Pengguna Linux sebagai terminal, sedangkan pada Apple namanya adalah commandshell.

GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon menu, dan menggunakan perangkat petunjuk (pointing device) seperti mouse dan scroll. Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP (window. Icon, menu, pointing device).

B. FITUR ANTAR MUKA PENGGUNA TELEMATIKA

Terdapat 6 macam fitur yang terdapat pada antarmuka pengguna telematika. Fitur-fitur itu antara lain:

1. Head Up Display System
Head Up Display (HUD) merupakan sebuah tampilan transparan yang menampilkan data tanpa mengharuskan penggunanya untuk melihat ke arah yang lain dari sudut pandang biasanya. Asal nama dari alat ini yaitu pengguna dapat melihat informasi dengan kepala yang terangkat (head up) dan melihat ke arah depan daripada melihat ke arah bawah bagian instrumen. Walaupun HUD dibuat untuk kepentingan penerbangan militer, sekarang HUD telah digunakan pada penerbangan sipil, kendaraang bermotor dan aplikasi lainnya.

2. Tangible User Interface
Tangible User Interface, yang disingkat TUI, adalah antarmuka dimana seseorang dapat berinteraksi dengan informasi digital lewat lingkungan fisik. Nama inisial Graspable User Interface, sudah tidak lagi digunakan. Salah satu perintis TUI ialah Hiroshi Ishii, seorang profesor di Laboratorium Media MIT yang memimpin Tangible Media Group. Pandangan istimewanya untuk tangible UI disebut tangible bits, yaitu memberikan bentuk fisik kepada informasi digital sehingga membuat bit dapat dimanipulasi dan diamati secara langsung.

3. Computer Vision
Computer Vision (komputer visi) merupakan ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin yang melihat. Dalam aturan pengetahuan, komputer visi berhubungan dengan teori yang digunakan untuk membangun sistem kecerdasan buatan yang membutuhkan informasi dari citra (gambar). Data citranya dapat dalam berbagai bentuk, misalnya urutan video, pandangan deri beberapa kamera, data multi dimensi yang di dapat dari hasil pemindaian medis.

4. Browsing Audio Data
Browsing Audio Data Browsing audio data adalah kemampuan mesin untuk mencari data dengan menggunakan input audio

5. Speech Recognition
Dikenal juga dengan pengenal suara otomatis (automatic speech recognition) atau pengenal suara komputer (computer speech recognition). Merupakan salah satu fitur antarmuka telematika yang merubah suara menjadi tulisan. Istilah ‘voice recognition’ terkadang digunakan untuk menunjuk ke speech recognition dimana sistem pengenal dilatih untuk menjadi pembicara istimewa, seperti pada kasus perangkat lunak untuk komputer pribadi, oleh karena itu disana terdapat aspek dari pengenal pembicara, dimana digunakan untuk mengenali siapa orang yang berbicara, untuk mengenali lebih baik apa yang orang itu bicarakan. Speech recognition merupakan istilah masukan yang berarti dapat mengartikan pembicaraan siapa saja.

6. Speech Synthesis
Speech synthesis merupakan hasil kecerdasan buatan dari pembicaraan manusia. Komputer yang digunakan untuk tujuan ini disebut speech syhthesizer dan dapat diterapkan pada perangkat lunak dan perangkat keras. Sebuah sistem text to speech (TTS) merubah bahasa normal menjadi pembicaraan.

C. IMPLIKASI MANAJERIAL

Berdasarkan penjelasan tentang Interface yang ada diatas dapat disimpulkan bahwa interface merupakan suatu teknologi yang memudahkan kita berinteraksi dengan sistem karena interface sendiri merupakan karakteristik dari suatu sistem, dan interface juga merupakan penghubung sub sistem agar dapat berinteraksi satu sama lain. Pada sekarang ini beberapa OS (Operating System) yang kita pakai sudah memakai interface berbasis grafik atau lebih dikenal dengan sebutan GUI (Grafical User Interface) karena lebih mudah digunakan dan enak dipandang mata. Bahkan sekarang juga banyak interface yang menggunakan sistem biometrik dan sensor mata untuk keperluan keamanan sistem. Begitu pesat perkembangan didunia telematika karena kecerdasan manusia yang semakin tinggi akan telematika. Oleh karena itu kita sebagai penerus bangsa juga harus cerdas dalam mengenal berbagai macam tentang telematika khususnya mahasiswa dalam bidang teknologi informasi. Demikian sedikit penjelasan saya tentang interface, semoga dapat berguna untuk teman teman yaa. Terimakasih dan sampai juga di postingan berikutnya.


Sumber :
http://code86.wordpress.com/2009/11/19/layanan-interface-dan-fitur-fitur-telematika/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar