LAYANAN INFORMASI
Ferdinand Budi Asido , Ibnu Taimiyyah
Email : f3r_doggy@hotmail.com, ibnoe.taimiyyah@gmail.com
ABSTRAK
Layanan Telematika merupakan
layanan dial up ke Internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada
sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah
satu contoh telematika. Salah satu layanan telematika adalah layanan informasi.
Informasi merupakan peranan yang sangat penting di dalam dunia telematika.
Informasi diperlukan untuk mendukung teori atau membuat kita semakin yakin akan
keputusan. Semakin banyak informasi yang didapat maka proses pengambilan
keputusan akan semakin besar. Suatu informasi yang baik adalah informasi yang
bisa memberikan banyak manfaat dan tepat waktu, serta informasi tersebut dapat
dipertanggung jawabkan kebenarannya. Untuk lebih jelasnya saya akan membahas
tentang layanan informasi pada telematika.
1. PENDAHULUAN
1. PENDAHULUAN
Layanan telematika yang pertama
adalah layanan informasi. Pada layanan ini telematika menggabungkan sistem
komunikasi dengan kendaraan yang bergerak seperti mobil untuk menawarkan
layanan informasi yang disebut GPS, Layanan ini menyatukan sistem komunikasi
dengan kendaraan seperti mobil untuk memberikan informasi kepada masyarakat.
Layanan informasi adalah layanan Bimbingan dan Konseling yang memungkinkan peserta didik (klien) menerima dan memahami berbagai informasi (seperti informasi pendidikan dan informasi jabatan) yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan pengambilan keputusan untuk kepentingan peserta didik (klien). Klien tidak hanya peserta didik tetapi bisa juga orang tua atau wali.
Layanan informasi bertujuan untuk membekali individu dengan berbagi pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai hal yang berguna untuk mengenal diri, merencanakan, dan mengembagkan pola kehodupan sebagai pelajar, anggota keluarga dan masyarakat. Pemahaman yang diperoleh melalui layanan informasi, digunakan sebagai bahan acuan dalam meningkatkan kegiatan dan prestasi belajar, mengembangkan cita-cita, menyelenggarakan kehidupan sehari-hari dalam mengambil sebuah keputusan.
2. LAYANAN INFORMASI
Pengertian Layanan Informasi
adalah penyampaian berbagai informasi kepada sasaran layanan agar individu
dapat memanfaatkan informasi tersebut demi kepentingan hidup dan
perkembangannya. Informasi adalah salah satu aset penting yang sangat berharga
bagi kelangsungan hidup suatu organisasi/bisnis, pertahanan keamanan dan keutuhan
negara, kepercayaan publik atau konsumen, sehingga harus dijaga ketersediaan,
ketepatan dan keutuhan informasinya. Informasi dapat disajikan dalam berbagai
format seperti: teks, gambar, audio, maupun video.
Tujuan layanan informasi secara
umum adalah agar terkuasainya informasi tertentu sedangkan secara khusus
terkait dengan fungsi pemahaman (paham terhadap informasi yang diberikan) dan
memanfaatkan informasi dalam penyelesaian masalahnya. Layanan informasi
menjadikan individu mandiri yaitu memahami dan menerima diri dan lingkungan
secara positif, objektif dan dinamis, mampu mengambil keputusan, mampu
mengarahkan diri sesuai dengan kebutuhannya tersebut dan akhirnya dapat
mengaktualisasikan dirinya.
3. KESIMPULAN
Layanan
informasi telah menjadi kebutuhan yang sangat pentings Seiring perkembangan
teknologi yang sangat pesat, khususnya bagi perusahaan untuk membantu dalam
segala proses bisnis. Layanan informasi saat ini telah menjadi prioritas yang
harus dipertimbangkan setiap pelaku bisnis dalam proses bisnisnya. Internet
merupakan suatu fasilitas yang sangat penting dalam kemajuan perusahaan. Untuk
pelayanan terhadap konsumen dan partner dari perusahaan. Oleh karena itu kita
juga harus menguasai teknologi di bidang telematika khususnya pada pelayanan
telamatika.
Sekian
penulisan saya mengenai layanan informasi, terimakasih dan sampai jumpa
dipostingan berikutnya yaaa...
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar