Rabu, 04 Februari 2015

JURNAL LAYANAN INFORMASI

LAYANAN INFORMASI


Ferdinand Budi Asido , Ibnu Taimiyyah
Email : f3r_doggy@hotmail.com, ibnoe.taimiyyah@gmail.com 



ABSTRAK

Layanan Telematika merupakan layanan dial up ke Internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah satu contoh telematika. Salah satu layanan telematika adalah layanan informasi. Informasi merupakan peranan yang sangat penting di dalam dunia telematika. Informasi diperlukan untuk mendukung teori atau membuat kita semakin yakin akan keputusan. Semakin banyak informasi yang didapat maka proses pengambilan keputusan akan semakin besar. Suatu informasi yang baik adalah informasi yang bisa memberikan banyak manfaat dan tepat waktu, serta informasi tersebut dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Untuk lebih jelasnya saya akan membahas tentang layanan informasi pada telematika. 


1. PENDAHULUAN

Layanan telematika yang pertama adalah layanan informasi. Pada layanan ini telematika menggabungkan sistem komunikasi dengan kendaraan yang bergerak seperti mobil untuk menawarkan layanan informasi yang disebut GPS, Layanan ini menyatukan sistem komunikasi dengan kendaraan seperti mobil untuk memberikan informasi kepada masyarakat.



Layanan informasi adalah layanan Bimbingan dan Konseling yang memungkinkan peserta didik (klien) menerima dan memahami berbagai informasi (seperti informasi pendidikan dan informasi jabatan) yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan pengambilan keputusan untuk kepentingan peserta didik (klien). Klien tidak hanya peserta didik tetapi bisa juga orang tua atau wali.

Layanan informasi bertujuan untuk membekali individu dengan berbagi pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai hal yang berguna untuk mengenal diri, merencanakan, dan mengembagkan pola kehodupan sebagai pelajar, anggota keluarga dan masyarakat. Pemahaman yang diperoleh melalui layanan informasi, digunakan sebagai bahan acuan dalam meningkatkan kegiatan dan prestasi belajar, mengembangkan cita-cita, menyelenggarakan kehidupan sehari-hari dalam mengambil sebuah keputusan.


2. LAYANAN INFORMASI

Pengertian Layanan Informasi adalah penyampaian berbagai informasi kepada sasaran layanan agar individu dapat memanfaatkan informasi tersebut demi kepentingan hidup dan perkembangannya. Informasi adalah salah satu aset penting yang sangat berharga bagi kelangsungan hidup suatu organisasi/bisnis, pertahanan keamanan dan keutuhan negara, kepercayaan publik atau konsumen, sehingga harus dijaga ketersediaan, ketepatan dan keutuhan informasinya. Informasi dapat disajikan dalam berbagai format seperti: teks, gambar, audio, maupun video.

Tujuan layanan informasi secara umum adalah agar terkuasainya informasi tertentu sedangkan secara khusus terkait dengan fungsi pemahaman (paham terhadap informasi yang diberikan) dan memanfaatkan informasi dalam penyelesaian masalahnya. Layanan informasi menjadikan individu mandiri yaitu memahami dan menerima diri dan lingkungan secara positif, objektif dan dinamis, mampu mengambil keputusan, mampu mengarahkan diri sesuai dengan kebutuhannya tersebut dan akhirnya dapat mengaktualisasikan dirinya.


3. KESIMPULAN

Layanan informasi telah menjadi kebutuhan yang sangat pentings Seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat, khususnya bagi perusahaan untuk membantu dalam segala proses bisnis. Layanan informasi saat ini telah menjadi prioritas yang harus dipertimbangkan setiap pelaku bisnis dalam proses bisnisnya. Internet merupakan suatu fasilitas yang sangat penting dalam kemajuan perusahaan. Untuk pelayanan terhadap konsumen dan partner dari perusahaan. Oleh karena itu kita juga harus menguasai teknologi di bidang telematika khususnya pada pelayanan telamatika. 

Sekian penulisan saya mengenai layanan informasi, terimakasih dan sampai jumpa dipostingan berikutnya yaaa... 


Sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar