Selasa, 03 Februari 2015

JURNAL ANTAR MUKA TELEMATIKA

ANTAR MUKA

Ferdinand Budi Asido , Ibnu Taimiyyah
Email : f3r_doggy@hotmail.com, ibnoe.taimiyyah@gmail.com


ABSTRAK

Berhubungan dengan teknologi informasi dan sistem informasi yang semakin berkembang pesat, antar muka atau yang biasa kita panggi interface merupakan suatu mekanisme yang sangat penting dalam penggunaan berbagai macam teknologi informasi. Pada sistem ATM contohnya, ketika kita mengambil uang pada mesin ATM itu merupakan sistem yang menggunakan makanisme antar muka dengan pilihan pilihan yang tersedia pada mesin, berbagai macam pilihan yang disediakan merupakan antar muka yang menghubungkan atm dengan server pada bank yang dituju. Contoh lainnya yaitu pada sistem operasi yang biasa digunakan sehari hari yaitu windows. Tampilan seperti start menu atau icon yang ada pada desktop sekarang sudah menggunakan antar muka yang sangat nyaman digunakan yaitu Graphical User Interface tidak seperti dulu, dengan layar hitam putih dan sistem operasinya masih DOS. Itu juga merupakan contoh antar muka yang kita gunakan untuk keperluan sehari hari. Jadi antar muka merupakan suatu penghubung antar manusia atau sistem dengan sistem lainnya yang disediakan oleh pengembang sistem tersebut demi tujuan mempermudah dalam pengoperasiannya. Nah untuk lebih mengetahui tentang interface, mari kita simak bacaan yang dibawah yaa guys.


1. PENDAHULUAN

Antarmuka (interface) merupakan suatu layanan yang disediakan oleh sistem operasi sebagai saranan interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka adalah sarana yang digunakan manusia untuk berhubungan atau bersentuhan langsung dengan sistem operasi jika kita ingin menggunakan komputer. Konsep berawal dari bagaimana interaksi yang dibutuhkan manusia untuk berhubungan dengan komputer, jadi dengan adanya antarmuka, sistem lebih mudah untuk memberikan layanan untuk mendukung proses pengoperasian sistem tersebut.

Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface (CLI) dan Graphical User Interface (GUI). Antarmuka termasuk kedalam teknologi telematika, yang disebut teknologi telematika merupakan singkatan dari teknologi komunikasi, media, dan informatika. Dalam perkembangannya, teknologi telematika ini telah menggunakan kecepatan dan jangkauan transmisi energi elektromagnetik, sehingga sejumlah besar informasi dapat ditransmisikan dengan jangkauan, menurut keperluan, sampai seluruh dunia. Pada saat ini informasi sudah banyak berkembang sedemikian rupa, hanya saja harus adanya dukungan teknologi. Teknologi telematikalah yang telah berkembang sehingga mampu menyampaikan suatu informasi.


2. PENGERTIAN ANTAR MUKA

Dalam Wikipedia Bahasa Indonesia, interface atau dalam istilah Indonesianya antarmuka dapat diartikan sebagai sebuah titik, wilayah, atau permukaan di mana dua zat atau benda berbeda bertemu; dia juga digunakan secara metafora untuk perbatasan antara benda.

Jadi dapat disimpulkan maksud dari antarmuka (interface) pada teknologi telematika merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.

Interface, berfungsi untuk menginput pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh / step by step sehingga pengguna mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu sistem. Yang terpenting adalah kemudahan dalam memakai / menjalankan sistem, interaktif, komunikatif, sedangkan kesulitan dalam mengembangkan / membangun suatu program jangan terlalu diperlihatkan.

Dalam hubungannya dengan perangkat lunak, interface dapat diartikan sebagai sarana atau medium atau sistem operasi yang digunakan untuk menghubungkan antara perangkat mikroprosesor agar dapat berkomunikasi dengan pengguna (user). Sedangkan pada konteks perangkat keras interface berarti komponen elektronika yang menghubungkan atau mengkomunikasikan prosesor dengan komponen atau perangkat lain dalam suatu sistem.

Antarmuka pengguna, dalam bidang desain industri interaksi manusia-mesin, adalah sebuah tempat di mana interaksi antara manusia dan mesin terjadi. Tujuan dari interaksi antara manusia dan mesin pada antarmuka pengguna adalah pengoperasian dan kontrol mesin yang efektif, dan umpan balik dari mesin yang membantu operator dalam membuat keputusan operasional. Contoh-contoh dari konsep luas antarmuka pengguna ini termasuk aspek-aspek interaktif dari sistem operasi komputer, alat-alat, kontrol operator mesin berat, dan kontrol proses. Pertimbangan desain berlaku ketika membuat antarmuka pengguna yang berkaitan atau melibatkan disiplin-disiplin ilmu seperti ergonomi dan psikologi

Sebuah antarmuka pengguna adalah sistem di mana pengguna berinteraksi dengan mesin. Antarmuka pengguna mencakup perangkat keras dan perangkat lunak. Antarmuka pengguna hadir untuk berbagai sistem, dan menyediakan cara untuk: 
  • Input, memungkinkan pengguna untuk memanipulasi sebuah sistem
  • Output, memungkinkan sistem untuk menunjukan efek dari manipulasi pengguna
Secara umum, tujuan dari teknik interaksi manusia-mesin adalah untuk menghasilkan sebuah antarmuka pengguna yang membuatnya mudah, efisien, dan menyenangkan untuk mengoperasikan sebuah mesin dengan cara yang menghasilkan hasil yang diinginkan. Ini biasanya berarti bahwa operator harus menyediakan input minimal untuk mencapai output yang diharapkan, dan juga bahwa mesin harus meminimalkan output yang tidak diinginkan.


3. TUJUAN ANTAR MUKA

Tujuan sebuah interface adalah mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia agar user mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut. Dalam hal ini penggunaan bahasa amat efektif untuk membantu pengertian, karena bahasa merupakan alat tertua (barangkali kedua tertua setelah gesture) yang dipakai orang untuk berkomunikasi sehari-harinya. Praktis, semua pengguna komputer dan Internet (kecuali mungkin anak kecil yang memakai komputer untuk belajar membaca) dapat mengerti tulisan.

Meski pada umumnya panduan interface menyarankan agar ikon tidak diberi tulisan supaya tetap mandiri dari bahasa, namun elemen interface lain seperti teks pada tombol, caption window, atau teks-teks singkat di sebelah kotak input dan tombol pilihan semua menggunakan bahasa. Tanpa bahasa pun kadang ikon bisa tidak jelas maknanya, sebab tidak semua lambang ikon bisa bersifat universal.

Meskipun penting, namun sayangnya kadang penggunaan bahasa, seperti pemilihan istilah, sering sekali dianggap kurang begitu penting. Terlebih dari itu dalam dunia desain situs Web yang serba grafis, bahasa sering menjadi sesuatu yang nomor dua ketimbang elemen-elemen interface lainnya.


Tujuan sebuah interface adalah mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia agar user mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut. Dalam hal ini penggunaan bahasa amat efektif untuk membantu pengertian, karena bahasa merupakan alat tertua (barangkali kedua tertua setelah gesture) yang dipakai orang untuk berkomunikasi sehari-harinya. Praktis, semua pengguna komputer dan Internet (kecuali mungkin anak kecil yang memakai komputer untuk belajar membaca) dapat mengerti tulisan. Interface ada dua jenis, yaitu :
  • Graphical Interface : Menggunakan unsur-unsur multimedia (seperti gambar, suara, video) untuk berinteraksi dengan pengguna. 
  • Text-Based : Menggunakan syntax/rumus yang sudah ditentukan untuk memberikan perintah.

4. KESIMPULAN

Interface merupakan suatu teknologi yang memudahkan kita berinteraksi dengan sistem karena interface sendiri merupakan karakteristik dari suatu sistem, dan interface juga merupakan penghubung sub sistem agar dapat berinteraksi satu sama lain. Pada sekarang ini beberapa OS (Operating System) yang kita pakai sudah memakai interface berbasis grafik atau lebih dikenal dengan sebutan GUI (Grafical User Interface) karena lebih mudah digunakan dan enak dipandang mata. Bahkan sekarang juga banyak interface yang menggunakan sistem biometrik dan sensor mata untuk keperluan keamanan sistem. Begitu pesat perkembangan didunia telematika karena kecerdasan manusia yang semakin tinggi akan telematika. Oleh karena itu kita sebagai penerus bangsa juga harus cerdas dalam mengenal berbagai macam tentang telematika khususnya mahasiswa dalam bidang teknologi informasi.

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Antarmuka

http://zainuliman.blogspot.com/2009/11/fitur-pada-antarmuka-telematika.html

http://blog.re.or.id/antarmuka-pemakai-user-interface.html

http://bebas.vlsm.org/v06/Kuliah/SistemOperasi/BUKU/SistemOperasi-4.X-1/ch06s03.html

http://code86.wordpress.com/2009/11/19/layanan-interface-dan-fitur-fitur-telematika/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar